Selasa, 04 Juli 2023

CATUR BRATA PENYEPIAN

 🧘‍♂️🧘‍♂️🙏💖💖🙇‍♂️🙇‍♀️


SELAMAT H.R. NYEPI & T.B. SAKA

Semoga melalui pelaksanaan CATUR BRATA PENYEPIAN :

(1) BRATA AMATI GENI (tidak menyalakan api di dapur untuk memasak sehingga secara fisik menahan dan mengendalikan gejolak nafsu makan yang berapi-api). Secara spiritual mengendalikan API EGOISME yang senantiasa ingin memasak lawan apalagi lawan. Sehingga secara sains Brata Amati Geni adalah Sains Spiritual jika dilaksanakan pada setiap BRATA AMATI GENI akan memberikan jaminan adanya TRANSFORMASI POSITIF dari EGOIS menjadi HUMANIS.

(2) BRATA AMATI KARYA adalah Sains yang memberikan latihan MENTAL SPIRITUAL agar sifat manusia yang selalu aktif dan agresif bekerja siang dan malam didorong oleh motivasi KELUAR DIRI untuk memiliki HARTA BENDA. Kemudian melalui AMATI KARYA sifat aktif dan agresif itu ditrasformasikan ke dalam kegiatan KE DALAM DIRI untuk menemukan ESENSI DIRI sebagai ATMAN. Perjumpaan dengan Sang Diri (Atman) seharusnya dapat membangun sikap mental yang SEIMBANG antara pandangan FISIK dan METAFISIK dan memahami perbedaan antara yang kekal dan sementara.

(3) AMATI LELUNGAN ~ Tidak melakukan PERJALANAN KE LUAR RUMAH (Simbolis Pengendalian Pikiran yang selalu berpetualan keluar diri) DIUBAH PERJALANANNYA KE DALAM DIRI. Pada saat BRATA AMATI LELUNGAN pikiran diajak dan dirayu dengan mata terpejam dan masuk ke dalam diri untuk memeriksa seluruh yang ada di dalam diri baik yang FISIK maupun yang METAFISIK. Petualangan pikiran ke dalam diri membuat pikiran bebas dari karma buruk yang biasa digunakan lebih banyak melihat kesalahan orang lain daripada kesalahan sendiri. BRATA AMATI LELUNGAN sangat efekti untuk melakukan REFLEKSI DIRI ~ KOREKSI DIRI ~ INTROPEKSI DIRI.

(4) BRATA AMATI LELANGUAN adalah latihan spiritual untuk memdengar MUSIK ROHANI DALAM DIRI dengan cara MENGABAIKAN MUSIK- MUSIK DUNIAWI. Geguritan Sucita Muah Subudi Buku I Bab I Pupuh 1 menyatakan bahwa DI  DALAM DIRI ADA SUARA GENTA yang tidak terdengar oleh telinga Fisik. SUARA GENTA YANG HALUS ITU hanya dapat didengar oleh TELINGA ROHANI (Telinganya Sang Telinga).

SEMOGA UMAT HINDU SEMUA BERHASIL MELAKUKAN CATUR BRATA PENYEPIAN GUNA MEMBANGUN KEDAMAIAN SEMESTA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar